Menu
Source: https://www.majalahict.com

Lebih Dekat Juliana Cen: Menggapai Impian dengan Kerja Keras

MAJALAH ICT – Jakarta. Perkembangan bisnis teknologi informasi dan komunikasi Indonesia saat ini cukup agresif dan inovatif. Apalagi untuk bisnis ponsel pintar, tablet maupun  notebook yang sudah menjadi kebutuhan utama yang dibutuhkan pengguna untuk berkomunikasi dan melakukan berbagai aktivitas digital, khususnya untuk kota-kota besar.

Salah satu vendor penyedia ponsel cerdas, tablet serta notebook tersebut adalah ASUS. Dan bicara mengenai ASUS, tentu tidak lengkap jika tidak menemui Juliana Cen, Country Group Product Leader ASUS. Bersama timnya, Notebook ASUS yang  empat tahun lalu tidak ada apa-apanya, berkat kerja keras tim ASUS semua, akhirnya ASUS menjadi brand nomor satu di Indonesia sejak tahun 2013. “Posisi kita semakin kuat saja,” katanya.

Mengenai perkembangan bisnis ASUS, Juliana mengungkapkan bahwa menurut laporan terbaru lembaga riset IDC, sampai kuartal kedua 2014, ASUS telah berhasil memasarkan 284 ribu portable PC (notebook consumer dan commercial) di Indonesia. Laporan itu juga menegaskan bahwa posisi ASUS sebagai produsen notebook terbesar di negeri ini semakin kuat, dengan pangsa pasar 38,41%, dua kali lipat dari brand yang berada di posisi kedua.

"Ini patut disyukuri. Di saat pasar mengalami slow down dan hampir seluruh produsen lain mengalami penurunan, ASUS justru berhasil menaikkan total penjualan, meningkatkan market share dan semakin jauh meninggalkan kompetitornya. Ini juga merupakan bukti bahwa produk-produk ASUS kini sudah semakin dicintai pengguna,” ujarnya gembira.

Untuk pengguna ponsel, ASUS menyediakan lini produk smartphone yang sangat inovatif dan fenomenal yakni seri ASUS ZenFone yang tersedia mulai dari ukuran layar 4, 5, dan 6 inci.  

Disebut inovatif karena smartphone ini dilengkapi bermacam fitur yang akan semakin memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivtas, sehingga dengan ZenFone, pengguna tidak sudah seperti membawa asisten pribadi dalam genggaman.

"Adapun dikatakan fenomenal karena produk berfitur lengkap dan kinerja bagus tersebut dipasarkan di harga yang sangat terjangkau di kelasnya,” jelas perempuan kelahiran 15 November 1982 ini.

Ditambahkannya, untuk memenuhi kebutuhan tablet di kalangan pengguna, ASUS juga memiliki berbagai jenis produk media tablet. Dengan kemampuan dan fitur yang sangat banyak, tablet-tablet ASUS dipasarkan di harga yang sangat bersaing dibanding kompetitor. Disebutkanlah tablet terbaru ASUS, yakni Fonepad FE170CG.

Dari sisi desain, meski berlayar 7 inci, namun tablet ini dibuat sangat ringkas sehingga sangat nyaman digenggam dengan satu tangan. Dari sisi kemampuan, gadget sudah menggunakan prosesor Intel yang sangat mendukung multi tasking serta jaringan konektivitas 3G HSPA+ yang menawarkan kecepatan download hingga 42Mbps. Produk juga mendukung komunikasi voice serta dua slot SIM card GSM.

Di sisi lain, lanjut Jualiana, seluruh pengguna, mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai karyawan dan kalangan profesional pasti butuh untuk menyelesaikan tugas-tugas, pekerjaan, ataupun melakukan hobinya. Dan alat yang paling tepat untuk melakukannya adalah notebook.

"Bagi pengguna seperti ini, kita menyediakan lini produk yang sangat luas dan mencakup seluruh kalangan. Mulai dari pelajar atau mahasiswa dengan notebook mainstream, kalangan pekerja dengan notebook Pro series, hingga para hobbyist yang gemar memainkan game ataupun aplikasi dan konten multimedia. Untuk seluruh pengguna tersebut, ASUS punya model produk yang tepat. Mulai dari G series, N series, hingga ultrabook Zenbook series,” terang lulusan Information System dari Universitas Bina Nusantara dengan predikat Cum Laude ini.

Tantangan Jaringan dan Kepercayaan 

Lalu apa yang akan digarap ASUS ke depan? Diungkapkan Juliana, saat ini Asus mulai serius menggarap PC untuk segmen korporat. Berbeda dengan bisnis consumer, bisnis korporat adalah bisnis yang mengutamakan faktor-faktor penting seperti kualitas, layanan purna jual, jaringan dan kepercayaan. ASUS sudah memiliki dua di antaranya.

Kata perempuan yang hobi berenang dan membaca buku ini, dari sisi kualitas, tidak ada yang meragukan kualitas produk-produk yang disediakan ASUS. Dari sisi layanan purna jual, pihak ASUS juga terus menerus memperlebar jaringan service center di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk segmen komersial, ASUS juga menawarkan layanan yang lebih lengkap dibandingkan pada end user biasa. Mulai dari extended warranty  sampai on site service

"Yang menjadi tantangan terbesar di segmen ini adalah jaringan dan kepercayaan. Meski demikian, kami akan terus melakukan pendekatan ke berbagai industri di segmen korporat seperti pendidikan, UKM, instansi pemerintahan dan lain-lain. Dengan kualitas yang ASUS tawarkan, layanan purna jual yang terus ditingkatkan dan komitmen untuk menghadirkan yang terbaik, kami yakin bahwa kami ASUS akan meraih kepercayaan tersebut,” tandasnya. 

Terkait dengan milestone di segmen korporat dan edukasi, tambah Juliana, baru-baru ini ASUS memenangkan proyek di Universitas Bina Nusantara untuk program e-learning di sana.

Selain mengurusi hal-hal berbau teknologi informasi termutakhir, ternyata Juliana diam-diam juga pandai memasak. Membuat kue, khususnya pizza, merupakan keahliannya yang lain. 

Dan dalam menjalani kehidupan ini, Juliana memiliki motto “Dreams reveal to your destiny”. Moto inilah yang membawanya hingga ke posisi seperti sekarang, meski memulai kerja di ASUS sejak 2005 dengan posisi sebagai webmaster. "Pada saat kita punya impian, kita harus berusaha menggapainya dengan kerja keras,” katanya menutup perbincangan.

Share this article

READ MY OTHER JOURNALS

“Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work is to love what you do. I you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it.”
JULIANA CEN
LET’S KEEP IN TOUCH!
Sign Up for our newsletter
Subscription Form
Copyright © 2024 JULIANA CEN